jakartadaily Home ยป 23 Kecamatan di Jatim Rusak Parah akibat Gempa Bawean

23 Kecamatan di Jatim Rusak Parah akibat Gempa Bawean

Kerusakan Akibat gempa

Jakarta, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, sebanyak 23 kecamatan di Jawa Timur mengalami kerusakan parah akibat gempa Tuban-Bawean yang mengguncang pada Jumat (22/3) lalu.
Sebanyak 23 kecamatan itu tersebar di 21 kabupaten dan 7 kota di Jawa Timur yang terdampak gempa.

Kabupaten Tuban menjadi wilayah paling banyak mengalami kerusakan. Sebanyak 12 kecamatan di Tuban tercatat mengalami rusak parah akibat gempa yang terjadi .

Baca juga : Link Dengan Ratio Kemenangan Tertinggi 2024

Selanjutnya di Kabupaten Gresik dan Kota Surabaya di mana masing-masing terdapat 3 kecamatan terdampak kerusakan.

“Sisanya yakni di Kabupaten Lamongan dua kecamatan yang terdampak kerusakan dan Kabupaten Bojonegoro, Pamekasan, dan Sidoarjo masing-masing hanya satu kecamatan yang terdampak kerusakan,” tulis rilis BNPB, Minggu (24/3).

Baca juga : AHY bersyukur ganti koalisi
Selain itu, BNPB juga mencatat hingga saat ini ada 9.648 orang yang harus mengungsi akibat gempa Tuban-Bawean. Dua warga juga dilaporkan mengalami luka-luka akibat gempa.

Dampak lainnya, sejumlah bangunan juga ikut terdampak. Di antaranya 63 fasilitas pendidikan, 5 rumah sakit, 88 rumah ibadah, dan 8 gedung lainnya yang terdampak kerusakan.

Sebanyak lebih dari 2 ribu rumah warga juga dilaporkan mengalami kerusakan. Sebanyak 331 di antaranya mengalami rusak berat.

“Sisanya rumah rusak sedang sebanyak 706 dan rumah rusak ringan sebanyak 1.356,” tulis BNPB.

Ada banyak kebutuhan pokok yang dibutuhkan pengungsi terdampak gempa saat ini, mulai dari tenda pengungsi, makanan, minuman, selimut, dan obat-obatan.

BNPB juga terus mengupayakan berbagai bantuan hingga menerjunkan personel tambahan ke lokasi terdampak kerusakan yang tersebar di beberapa wilayah di Jawa Timur.

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,5 mengguncang sekitar Pulau Bawean yang terasa di sejumlah wilayah di Jawa Timur. Pusat gempa terjadi di timur laut Tuban dengan kedalaman 10 km.

Meski disebutkan tak berpotensi tsunami, namun gempa susulan terus terjadi. Laporan teranyar, sebanyak 150 gempa susulan telah terjadi sejak Jumat kemarin.

Lihat juga : Pendapat Yusril tentang gugatan Pemilu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *