jakartadaily Home ยป Rudal Jelajah Rusia Langgar Wilayah Udara Polandia

Rudal Jelajah Rusia Langgar Wilayah Udara Polandia

misil rusia ditembakkan

Militer Polandia melaporkan bahwa sebuah rudal jelajah milik Rusia yang ditembakkan ke kota-kota di Ukraina barat melanggar wilayah udara Polandia. Dalam unggahan di media sosial X, militer Polandia mengatakan bahwa sekitar 40 detik, wilayah udara Polandia dilanggar oleh salah satu rudal jelajah yang ditembakkan pada malam hari oleh angkatan udara Federasi Rusia. “Benda tersebut terbang melalui wilayah udara Polandia di atas desa Oserdow (Provinsi Lublin) dan bertahan selama 39 detik,” terang pernyataan itu, dikutip dari AFP pada Minggu (24/3/2024).

Baca juga: Yusril tanggapi gugatan sengketa Pemilu

Polandia Siaga Tinggi Tentara mengatakan bahwa rudal tersebut dilacak oleh radar militer Polandia sepanjang penerbangannya. “Tentara Polandia terus memantau situasi di wilayah Ukraina dan tetap bersiaga permanen untuk menjamin keamanan wilayah udara Polandia,” kata militer. Polandia mengaktifkan prosedur pertahanan udaranya selama insiden tersebut, kata komando operasional angkatan bersenjata dalam pernyataannya. Kejadian serupa terjadi pada 29 Desember 2023, ketika sebuah rudal Rusia menembus wilayah udara Polandia selama beberapa menit sebelum kembali ke Ukraina.

Pada November 2022, dua orang tewas ketika sebuah rudal pertahanan udara Ukraina jatuh di desa Przewodow di Polandia, dekat perbatasan Ukraina.

Baca juga: AHY bersyukur tinggalkan koalisi lama

Sebelum rudal tersebut diidentifikasi sebagai milik Ukraina, muncul kekhawatiran NATO, di mana Polandia adalah salah satu anggotanya akan terseret ke dalam eskalasi konflik dengan Rusia jika ketentuan pertahanan kolektifnya dipicu.

Jangan lewatkan : Link Maxxwinn Bosskuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *